Program Kesiswaan SMP

PROGRAM KESISWAAN SMP

Program Unggulan Kesiswaan

Ycotalk

YCOTALK adalah sabuah podcast dimana para cast di video berbincang tentang suatu topik tertentu disesuaikan dengan info ter-up date saat itu.
YCOTALK menjadi ajang kreativitas dan kolaborasi dari peserta didik dan para guru. YCOTALK dapat menjadi media kekinian bagi kaum milenial, media informasi dan pembelajaran yang efektif. Melalui program ini, peserta didik pun dapat belajar bermedia sosial secara positif dan beretika. YCOTALK SMP YCOTALK Yakobus “Korner”

Korner merupakan akronim dari Kreativitas dalam Olah Rasa, Nada, Emosi, dan Raga. Yakobus Korner menjadi ajang ekspresi diri, kreativitas seni, dan promosi sekolah. Kegiatan ini mendorong dan memotivasi peserta didik agar terus belajar dan memupuk bakat yang mereka miliki dalam hal seni dan sastra. Selain itu, hal tersebut juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan mental peserta didik. Pengembangan Karakter
Pengembangan pendidikan karakter pun ditanamkan secara berkesinambungan di sekolah sejak peserta didik masuk sampai waktu pulang sekolah. Beberapa kegiatan untuk pengembangan karakter yang dilakukan di SMP Santo Yakobus meliputi :
  • Doa harian dan renungan di pagi hari sebelum memulai pembelajaran. Selain kegiatan doa harian, pada setiap Jumat pertama di awal bulan, peserta didik mengikuti Perayaan Ekaristi yang diadakan oleh sekolah.
  • Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza dan lagu Mars Santo Yakobus serta penghormatan kepada Bendera Merah Putih setiap hari sebelum kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan nasionalisme dan menyanyikan lagu wajib nasional sebelum pulang sekolah. Peserta didik juga wajib mengikuti upacara bendera secara rutin setiap bulan.
  • Pembinaan karakter untuk peserta didik juga didukung oleh keberadaan counselling centre di sekolah. Counselling centre ini akan ditangani oleh para guru BK dan psikolog sekolah. Melalui keberadaan counselling centre ini, peserta didik yang memerlukan dukungan akan diberi pendampingan agar peserta didik lebih dapat mengembangkan kompetensi yang dimilikinya dengan baik.
  • Kegiatan Yakobus Annual Camp di kelas VII untuk menumbuhkan kreativitas di bidang ke-Pramuka-an, meningkatkan sikap kerja sama dan tolong menolong, menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam diri anggota pramuka, memperkenalkan anggota terhadap lingkungan serta turut memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam sekitarnya.
  • Kegiatan Live in di kelas VIII agar peserta didik lebih berempati dan dapat melayani serta menghargai sesama.
  • Retret untuk kelas IX dan rekoleksi kelas VIII yang merupakan kegiatan yang lebih bersifat rohani untuk lebih mengenal pribadi, mengenal keluarga, orang lain dan terlebih mengenal Tuhan secara lebih mendalam.
  • Outing Class sebagai sarana pembelajaran langsung di luar kelas
  • Latihan Dasar Kepemimpinan yang membentuk kepemimpinan anak sejak dini.
  • Kegiatan Ekstrakulikuler

    NoEkstrakulikuler
    1Tata Boga
    2Taekwondo
    3Basket Putri
    4Desain Grafis
    5Teater
    6Math Club
    7Modern Dance
    8Mini Soccer
    9Basket Putra
    10Orkestra
    11Pramuka
    12Paduan Suara
    13English Club
    14Mandarin Club
    15Bulutangkis
    16Science Club
    17Cheers
    18Paskibraka
    19Jurnalistik